Jurusan Budidaya Tanaman Pangan Bersama POLINELA Tingkatkan Kerjasama Dengan Perusahaan Dan Instansi

Demi meningkatkan kerjasama dengan Perusahaan dan Instansi, Direktur didampingi oleh Kepala Unit Kerjasama beserta Ketua Program Studi Teknologi Pangan dan Ketua Program Studi Produksi Tanaman Pangan di Politeknik Negeri Lampung melaksanakan kegiatan kunjungan ke beberapa Instansi dan Perusahaan di Jakarta, Depok, dan Bogor.

Kunjungan pertama pada hari Selasa (25/01) ke PT. Trubus Mitra Swadaya yang berletak di Jalan Mekarsari Raya, Rt 01/07, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Mekarsari, Kota Depok. Perusahaan yang berawal dari tuntutan pembaca majalah pertanian Trubus yang di terbitkan tahun 1969 berkenaan dengan pengadaan bibit dan sarana pertanian. Maka pada tahun 1983 dibuka toko pertanian pertama yang terletak di jalan Gunung Sahari III/7, Jakarta Pusat yang lebih di kenal dengan nama Toko Trubus Sahari. Pada tahun yang sama dibangun toko Trubus kedua yaitu Toko Trubus Cimanggis yang di lokasi ini juga terdapat kegiatan pengadaan dan perawatan tanaman yang mendukung suplai tanaman buah di Toko Trubus yang lain.

Sampai saat ini Toko Trubus telah memiliki 17 Toko Trubus, yang tersebar di Jabodetabek (Cimanggis, Makro PS Rebo, Gunung Sahari, Daan Mogot, Bintaro, Cikarang, Makro Ciputat, Makro Meruya), Jawa Tengah (Semarang, Unggaran, Purwokerto), Yogyakarta, Jawa Barat (bandung), dan Jawa Timur (Sidoarjo). Toko Trubus berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen untuk mendapatkan produk dan jasa yang berkualitas tinggi sehingga meningkatkan nilai tambah serta manfaat dan kegiatan bisnis pertanian. Dalam kunjungan ini Kepala Unit Kerjasama Agung Adi Chandra, S.K.H, M.Si. berkesempatan untuk memaparkan Profile Politeknik Negeri Lampung di hadapan Pimpin dan jajaran pengelola Toko Trubus.

Dilanjutkan pada hari Rabu (26/01) kunjungan ke BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata di Jalan Raya Parung Bojongsari Baru, Kec. Bojongsari, Kota Depok. Dalam rangka Penandatanganan MoU antara Politeknik Negeri Lampung dan BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata yang bertempat di ruang sidang besar BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata.

BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata adalah Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bisnis dan Pariwisata. Dalam sesi penandatangan MoU antara Polinela dengan BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata. Terdapat sambutan oleh Sabli, S.H., M.H. Selaku kepala BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata, beliau menyampaikan “selamat datang di balai besar Bispar, perkenankan kami menyapa para tamu yang hadir dari Politeknik Negeri Lampung, kami memiliki 9 Departemen keahlian yaitu 4 program keahlian kelompok bisnis dan 5 Program Keahlian dari kelompok Pariwisata, kelompok bisnis yaitu Akuntasi, Otomisasi, Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring dan Pemasaran serta pekerjaan Sosial, dan untuk kelompok pariwisata itu terdapat 5 Program Keahlian yaitu Tata Boga, Tata Busana, Tata Kecantikan, Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata. Disamping 9 Departemen ini terdapat 1 lagi sebagai supporting yaitu departemen Teknologi Pendidikan” imbuhnya. Dilanjutkan dengan sambutan Direktur Polinela oleh Dr. Ir. Sarono, M.Si. beliau menyampaikan “Polinela ingin banyak belajar di Balai Besar Bispar, dan dalam kesempatan ini saya akan mengenalkan tentang Politeknik Negeri Lampung yang berlokasi di Bandar Lampung, yang dulu bernama Politeknik Pertanian Universitas Lampung, kemudian berubah karena harus terpisah antara pendidikan Vokasi dan Akademik maka diubah menjadi Politeknik Negeri Lampung sejak tahun 2004. Awal berdiri kami lebih fokus di bidang pertanian sehingga sampai saat ini Program Studi kita sekitar 40% adalah bidang pertanian, kemudian karena perkembangan zaman dan perkembangan kebutuhan maka Polinela menambahkan Program Studi yang dibutuhkan oleh masyarakat, dan sejak tahun 2020 karena perkembangan pariwisata luar biasa maka kita masuk kedalam dunia pariwisata yang memang di Lampung belum ada kampus yang memiliki bidang tersebut” tuturnya.

Setelah melaksanakan penandatangan MoU dengan BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata, rombongan dari Politeknik Negeri Lampung melanjutkan perjalananan ke Seameo Biotrop yang berlokasi di Kota Bogor, Biotrop merupakan salah satu Pusat Penelitian dibawah SEAMEO (South East Asian Ministers of Education Organization) yang didirikan secara resmi pada tanggal 6 Februari 1968. Pendirian ini berdasarkan pada kesepakatan Menteri Pendidikan Asia Tenggara yang dituangkan dalam SEAMEO Charter pada tahun 1965. Negara-negara anggota SEAMEO adalah Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Philippina, Singapura, Thailand, Vietnam dan Timor Leste.

Rombongan disambut oleh Zulhamsyah Imran, S.Pi, M.Si, P.hD selaku Direktur dari Seameo Biotrop, dalam kunjungan kali ini rombongan dari Polinela diberikan kesempatan untuk mengunjungi beberapa titik lokasi penelitian yang terdapat di Seameo Biotrop dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai Profil Politeknik Negeri Lampung oleh Direktur Polinela Dr. Ir. Sarono, M.Si. dan dilanjutkan dengan penjelasanan tentang Seameo Biotrop oleh Zulhamsyah Imran, S.Pi, M.Si, P.hD. Setelah pemaparan kedua belah pihak maka direncanakan penandatanganan kerja sama antara Polinela dan Seameo biotrop, pada tanggal 22 Februari 2022 mendatang.

Kunjungan terakhir adalah PT Hannas Tour and Travel yang berlokasi di Jakarta, perusahaan yang bergerak di bidang Umroh dan Haji.

 

Berita dikutip dari: polinela.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.